Selasa, 12 Desember 2023

Essay: Sertifikasi di bidang IT/sebagai programmer, menunjukkan skill atau hanya formalitas saja?

Pekerjaan di dunia IT dikenal dengan mereka yang memiliki gaji yang lebih besar daripada bidang lainnya, karena perkembangannya yang sangat pesat dan diadopsi hampir di seluruh dunia. Disamping itu, terdapat hal yang membuat perdebatan bagi banyak orang, yaitu adanya sertifikasi dalam dunia IT, bagaimana penjelasannya? yuk simak informasinya dibawah ini.

Menjadi hebat dan jago

Semua pekerjaan yang berada di lingkungan IT seringkali dianggap lebih sulit daripada pekerjaan lainnya, karena terdapat asumsi bahwa mereka semua mengerti tentang bahasa komputer yang rumit. Bisa dipahami bahwa hal tersebut bisa benar dan bisa saja salah, buktinya di Indonesia sendiri para pekerja di bidang IT cukup banyak dan mumpuni. Memang untuk mempelajarinya membutuhkan usaha dan latihan yang berulang-ulang kali. Selain itu, dunia IT berpusat dengan perkembangan IT di seluruh dunia sehingga selain hal tersebut, mengikuti perkembangan IT menjadi kunci untuk dapat terus berkarir di dunia IT.



Setiap kemampuan atau skill yang diperoleh dalam dunia IT sangatlah penting, mengapa demikian? karena teknologi tak lepas dengan praktik yang membutuhkan kepiawaian yang nyata bukan hanya sekedar pemahaman teori saja. Sehingga banyak pekerjaan di dunia IT yang menyertakan minimal kemampuan yang harus dimiliki, mungkin menguasai sebuah bahasa pemrograman ataupun memahami penggunaan framework tertentu. Nah, standar-standar tersebut terkumpulkan kepada bagian bagian seperti frontend, backend, software develeoper dan lain lain.

Sertifikasi: permintaan pasar atau teknologi?

Sebenarnya bukan perusahaan yang meminta untuk menciptakan sertifikasi, namun itu berasal dari perkembangan teknologi yang semakin hari semakin kompleks sehingga kemampuan juga harus diasah. Sertifikasi menjadi identitas kita terhadap kemampuan teknologi yang kita kuasai sehingga kita bisa diakui oleh pasar. Perusahaan atau orang lain akan melihat sertifikasi terlebih dahulu sebagai sinyal atau tanda bahwa orang ini memiliki kemampuan yang layak atau tidak.

Banyak sekali penyedia sertifikasi, mulai dari yang terpercaya dan populer seperti Alibaba, CodePolitan, dan Oracle, ataupun sertifikasi lain yang kurang terpercaya dengan kualifikasi yang berbeda-beda untuk sebuah kompetensi. Hal tersebut menunjukkan sertifikasi memang dibutuhkan dalam dunia IT, tanpa sertifikasi kita menjadi lebih sulit untuk mengetahui kompetensi dan kemampuan dari seseorang.

Praktik lebih penting daripada sertifikasi

Namun pada akhirnya, sertifikasi hanyalah sebagai pembuka jalan bagi kita untuk "diakui" setelah itu giliran kita untuk membuktikan seberapa hebat dan jago kita dengan identitas yang telah dibawa. Kombinasi antara sertifikasi dan praktik merupakan senjata yang paling ampuh untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita sebenarnya.

Sering kali ditemukan bagaimana seorang IT developer yang mempunyai sertifikasi untuk mempermudah diakui malah terkadang masih saja belum memahami beberapa bagian praktik yang penting yang harus dilakukan. Hal itu memicu munculnya stigma negatif dari sebuah sertifikasi yang seharusnnya sangat bermanfaat.

Sertifikasi Alibaba Cloud dari CodePolitan Gratis!!

Nah, kali ini ada sertifikasi gratis buat kalian yang mau mendapatkan pelatihan sekaligus dengan sertifikasi dari Alibaba Cloud, program ini dibawakan oleh CodePolitan. Buat yang kalian yang ingin meningkatkan kemampuan sekaligus dengan sertifikasi yang terpecaya, silahkan mendaftar melalui link: Campus Coder (devhandal.id)

Dalam program Campus Coder, kamu akan mendapatkan kesempatan emas untuk belajar teknologi MEVN (MongoDB, Express, Vue dan NodeJS. Keahlian ini tidak hanya menawarkan pengetahuan teknis, tetapi juga beragam keuntungan yang berdampak luas pada karir dan masa depanmu. 

Dengan mengikuti program Beasiswa DeveloperHandal, kamu akan berkesempatan mendapatkan Alibaba Cloud Certified Developer dan Certified ACA Cloud Computing yang di akui secara international. Dengan sertifikasi ini, profilmu akan lebih keren dimata perusahaan, baik itu perusahaan lokal maupun international.

Selain itu, juga terdapat hadiah menarik melalui Lucky Draw yang akan dilaksanakan pada penutupan beasiswa Campus Coder. Kapan lagi dapat ilmu sekalgus hadiah kan, ada Acer Nitro, Ipad dan Headphone. Untuk langkah-langkahnya pendaftarannya adalah yang pertama, daftar akun DevHandal dan setelah itu mendaftar program CampusCoder. Selanjutnya memilih kategori peserta, menyelesaikan misi, dan menunggu verifikasi selama 24 jam. Setelah itu kalian bisa langsung belajar dari beasiswa ini.

Terimakasih
Codepolitan.com, Alibabacloud.com, Campuscoder.id dan Devhandal.id




0 komentar:

Posting Komentar