Senin, 18 September 2023

Boolean Logic & Logic Gates | Crash Course Computer science

Perkenalan

Binary adalah representasi dari 2 keadaan yaitu benar dan salah, hidup dan mati, dan lain-lain. Pada sebuah komputer, pada saat kita menyalakan komputer maka kondisi yang direpresentasikan adalah benar dan pada keadaan mematikan komputer maka kondisi yang direpresentasikan adalah salah. Kita juga dapat menulis binary sebagai kode "1" dam "0" untuk menyatakan sebuah kondisi.

Awal Mula Boolean Logic

Pertama kali, kondisi representasi logika digambarkan dengan 3 keadaan dan 5 keadaan. Namun, masalahnya terdapat banyak sekali perantara untuk mencapai kedaan benar dan salah.



Dan representasi 2 keadaan dciptakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Kemudian alasan lain karena dalam ilmu matematika telah menerapkan dan mempelajari keadaan benar dan salah. Ilmu matematika telah mempunyai cara-cara operasi dan manipulasi dari 2 keadaan benar atau salah.

George Boole kemudian menciptakan aljabar boole yang memiliki basis yang sama seperti 
2 keadaan. Pendekatan boole dapat dibuktikan kebenarannya melalui sistematis dan formal. Aljabar Boole diperkenalkan dalam buku pertamanya yaitu "The Matematichal Analysis of Logic" pada tahun 1847

Ada 3 operasi dasar dalam aljabar boolean, yaitu: Operasi NOT, Operasi AND dan Operasi OR. 


Operasi dan Logic Gates dalam Boolean

  • Operasi NOT

Operasi NOT adalah sebuah operator dalam aljabar boolean yang mengganti nilai sebenarnya menjadi kebalikannya. Contohnya jika P maka Benar, maka NOTP adalah Salah.


Jika kita menggunakan pemahaman elektronika, maka hal tersebut sama dengan modifikasi dari transistor. Transistor pada umumnya bekerja seperti sakelar, jika kita menyalakan listrik maka hasilnya akan benar, dan jika kita mematikan listrik maka hasilnya akan salah. 


Namun ketika kita memodifikasi transistor tersebut dengan memberikan output sebelum input maka yang terjadi adalah nilai akan berbalik arah.



  • Operasi AND

Operasi AND adalah sebuah operator dalam aljabar boolean yang akan bernilai benar jika kedua input bernilai benar dan selain itu output akan bernilai salah. Sebagai contoh, A suka makanan manis dan pedas, maka output akan bernilai benar ketika A memang menyukai makanan manis dan penas.


Dalam elektronika, maka hal tersebut akan sesuai dengan modifikasi dari 2 transistor yang digabung menjadi satu secara seri sehingga kita mempunyai 2 jalur yang saling mempengaruhi satu sama lain.

  • Operasi OR
Operasi OR adalah operasi dalam aljabar boolean yang akan memberikan nilai salah ketika kedua inpunya salah, selain itu output yang dihasilkan akan bernilai benar. Contohnya adalah B mempunyai makanan atau B mempunyai minuman. Sehingga output yang akan bernilai salah ketika B tidak mempunyai makanan dan minuman.



Dalam elektronika, maka hal tersebut akan sesuai dengan modifikasi dari 2 transistor yang digabung menjadi satu secara paralel sehingga kita mempunyai 2 jalur yang terpisahi satu sama lain.




  • Operasi XOR
Operasi XOR adalah operasi dalam aljabar boolean yang memberikan nilai benar hanya jika salah satu dari input bernilai benar. Sebagai contoh ketika kita ingin memilih bekerja saat pagi atau malam, kita tidak bisa memlih keduanya secara sekaligus dan kita harus memilih salah satu dari keduanya.


Dalam elektronika, XOR merupakan gabungan dari 3 komponen dasar tersebut yang disusun sedemikian rupa sehiigga menghasilkan output yang sesuai. Berikut merupakan susunan dari komponen-komponen tersebut.


Simak tulisan lain, mengenai dasar-dasar komputer di link berikut :

  1. Logika Boolean & Gerbang Logika : Logika Boolean & Gerbang Logika – Tiffany Catherine Prasetya Blog (its.ac.id)
  2. Mewakili Angka dan Huruf dengan Biner : Menampilkan Angka dan Huruf dengan Binary | CrashCourse – Muhammad Ade Dzakwan Blog (its.ac.id)
  3. Register dan RAM : Register dan RAM – Muhammad Artha Maulana Suswanto Blog (its.ac.id)

Referensi : https://www.youtube.com/@crashcourse





















0 komentar:

Posting Komentar