Senin, 18 September 2023

Registers and RAM | Crash Course Computer Science

 Perkenalan Registers dan RAM

Dengan menggunakan logika boolean, kita mendapatkan sebuah output yaitu benar dan salah. Keadaan benar dan salah tersebut tidak akan mempunyai arti jika hanya terbuang sia-sia. Logika boolean akan berguna jika digunakan untuk menyimpan atau menjalankan operasi secara berturut-turut. Dalam penerapan aslinya, logika tersebut berupa memory dalam sebuah komputer.

Semua rangkaian logika yang sebelumnya kita ketahui adalah rangkaian yang bergerak linear, namun bagaimana jika ada logika yang bergerak berputar arah?

Mekanisme RAM (Random Access Memory)

RAM menggunakan sistem susunan yang bergerak berputar arah, yang tergambarkan dalam komponen sederhana berikut ini.

Rangkaian Balik OR



Rangkaian balik OR apabila diberikan input 1, maka output akan berubah menjadi 1 dan tidak bisa berganti kembali menjadi angka 0 karena input kedua telah diubah menjadi 0.

Rangkaian Balik AND


Rangkaian balik AND apabila diberikan input 1, maka output akan berubah menjadi 1 dan dapat kembali berubah ketika input kita ganti menjadi 0 maka output akan berubah menjadi 0.

Rangkaian AND-OR-LATCH


Rangkaian balik AND-OR-LATCH memiliki 2 input yaitu Set dan Reset. Fungsi set merupakan fungsi untuk memberikan nilai output 1 dan menyimpannya. serta fungsi teset merupakan fungsi untuk mengubah nilai kembali sepert semula yaitu 0.

Proses untuk menetapkan sebuah data disebut Writing sedangkan proses untuk mengeluarkan data disebut Reading. 

Rangkaian Gated Latch


Rangkaian Gated Latch adalah gabungan dari AND-OR-LATCH dengan struktur lain yang membuat ketika kita ingin menulis sebuah data (Write), maka kita harus terlebih dahulu menyatakan adanya input Write Enable lalu kita dapat mengubah output

Struktur RAM




Struktur ini digunakan untuk menyimpan data 1 Bit dan mempunyai mekanisme yang sama seperti RAM, hanya saja RAM mempunyai banyak sekali gabungan rangkaian-rangkaian seperti ini sehingga dapat menyimpan banyak sekali data-data memory. Serta ram juga mempunyai sistem select latch yang memungkinkan RAM untuk memilih tempat latch dengan menggunakan kode binary.



Misalkan untuk mengakses kolom 1 baris ke 1 maka kita harus memasukkan input 00010001, ketika kita ingin megakses kolom 3 baris ke 1 maka kita harus masukkan input 00010011.


Simak tulisan lain, mengenai dasar-dasar komputer di link berikut :

  1. Logika Boolean & Gerbang Logika : Logika Boolean & Gerbang Logika – Tiffany Catherine Prasetya Blog (its.ac.id)
  2. Mewakili Angka dan Huruf dengan Biner : Menampilkan Angka dan Huruf dengan Binary | CrashCourse – Muhammad Ade Dzakwan Blog (its.ac.id)
  3. Register dan RAM : Register dan RAM – Muhammad Artha Maulana Suswanto Blog (its.ac.id)

Referensi : https://www.youtube.com/@crashcourse



















0 komentar:

Posting Komentar